ABOUT US

Tentang kami, Public Expose 8.29 - Young Blood Tarumanagara

Selamat datang di Public Expose 8.29 - Young Blood Tarumanagara, yaitu pameran Tugas Akhir virtual pertama oleh mahasiswa/i Program Studi S1 Arsitektur, Jurusan Arsitektur dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara (UNTAR), Jakarta, Indonesia. Pameran menampilkan 26 karya terbaik dari Tugas Akhir Studio Perancangan Arsitektur (STUPA) 8 yang ke-29 di tahun 2020.

 

Tema yang diusung kali ini adalah Third Place atau Tempat Ketiga berupa ruang sosial kota. Bermula dari isu masyarakat kota kehilangan third place sebagai tempat komunitas yang mengakibatkan hilangnya unsur interaksi antar sesama. Dimana tempat pertama adalah rumah, tempat kedua adalah tempat kerja, dan tempat ketiga adalah lingkungan sosial yang terpisah dari dua lingkungan tersebut. Third place pertama kali digagas oleh sosiolog perkotaan Ray Oldenburg dalam bukunya The Great Good Place (1989, 1991). Third place sebagai wadah netral yang tidak memandang kelas, menyambut seluruh pengunjung secara aksesibel, visi third place menjadi jawaban terhadap tantangan masyarakat urban dewasa ini.

 

Pada STUPA 8, masing-masing peserta melakukan analisis kawasan, permasalahan atau isu, dan metode desain hingga menghasilkan output perancangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Setiap tahun Arsitektur UNTAR senantiasa mempersembahkan karya-karya Tugas Akhir mahasiswa/i terbaik. Namun, pameran dilakukan secara online karena pandemik COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini di tahun 2020. Public Expose 8.29 - Young Blood Tarumanagara menjadi wadah publikasi serta penghargaan bagi mahasiswa/i terpilih. Young Blood Tarumanagara berambisi untuk memperkenalkan Arsitektur UNTAR ke seluruh Indonesia juga dunia.

 

Karya yang dipilih oleh kurator Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., PhD. dan para dosen Tugas Akhir Maria Veronica Gandha, S.T., M.Arch., Ir. Franky Liauw, M.T., dan Suwardana Winata, S.T., M.Arch., menawarkan ide dan pemecahan masalah secara arsitektural dari isu atau permasalahan dari masing-masing kawasan maupun dari isu besar yang diangkat untuk menjadikan third place sebagai jawaban dari fasilitas publik dalam lingkup kelurahan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Panitia Young Blood Tarumanagara

Ketua             : Fille Tamalazare Yuma

Wakil              : David Pratama

Grafis             : Angel Carveling, Chastellya M. Nery, Rivanto

Multimedia  : Rinardy Tanuwijaya, Reynold Andika, Angga Ali Putra

Materi            : Natasha, Ruliana, Gabriella

Publikasi      : Adi Wijaya, Edrik Tasbun, Neilsen Yonata

       

Dengan kebijakan Study From Home yang diterapkan oleh pemerintah akibat situasi pandemik COVID-19 di tahun 2020 ini, selain mahasiswa/i arsitektur UNTAR harus melakukan adaptasi dalam mengerjakan Tugas Perancangan Akhir, demikian juga Public Expose yang dari tahun ke tahun dilaksanakan dengan pameran fisik menjadi pameran virtual atau online.

Meskipun terjadi perubahan dalam kegiatan belajar-mengajar, karya-karya yang dihasilkan tetap mempunyai keunikan, karakter, dan kekuatannya tersendiri. Berbeda dengan pameran fisik, pameran virtual Public Expose 8.29 dapat menghubungkan dan menjangkau publik lebih luas dalam borderless world yaitu dunia maya tanpa batas. Kami sebagai generasi baru Young Blood Tarumanagara berharap Public Expose ini dapat berdampak pada perkembangan arsitektur baik dalam kemajuan akademik maupun dunia profesi.

Kami berterima kasih kepada para dosen khususnya Bapak Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., PhD. dan Bapak Suwardana Winata, S.T., M.Arch., dan Ibu Maria Veronica Gandha, S.T., M.Arch. atas bimbingannya dan memberikan motivasi untuk meningkatkan kualitas dari karya-karya terpilih hingga kami dapat menampilkan hasil yang terbaik pada pameran ini. Kemudian juga kepada para panitia yang telah bekerja keras dalam mewujudkan pameran Public Expose online ini. Demikian, Pameran Virtual Arsitektur - Young Blood Tarumanagara mempersembahkan 26 karya terbaik dari Tugas Akhir Studio Perancangan Arsitektur 8.29 UNTAR.

Young Blood Tarumanagara

S. Ars Juli 2020

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png