Poster Between Us.jpg

BETWEEN US

        Masalah kepadatan penduduk sudah menjadi masalah yang cukup lazim di kota besar. Efek yang dapat ditimbulkan dari masalah kependudukan, antara lain munculnya kawasan kumuh, turunnya kualitas lingkungan dan dampak terhadap kondisi psikologis berupa stress.

   Salah satu metode yang dapat memecahkan masalah akibat padatnya penduduk, yaitu pembangunan fasilitas pendukung. Suatu perumahan dapat menjadi efektif dan meningkat kualitasnya karena ketersediaan fasilitas pendukung di suatu kelompok hunian. Hal ini dikarenakan fasilitas pendukung dapat memfasilitasi kontak langsung antar individu, dimana beberapa individu dapat melakukan komunikasi. Kemudian adanya fasilitas umum juga dapat memfasilitasi kegiatan rekreasional seperti olahraga yang dapat mengurangi dampak stress.

       Salah satu daerah di Kota Jakarta Barat yaitu Duri Kepa merupakan daerah yang padat dengan hunian penduduk. Walaupun daerah Duri Kepa didominasi hunian padat penduduk namun daerah Duri Kepa belum dapat dikatakan memiliki fasilitas yang memadai seperti kurangnya ruang terbuka yang hanya ada empat di seluruh Kelurahan Duri Kepa. Sehingga dibutuhkan suatu tempat bagi orang yang ingin berkumpul, mengobati stress, kesepian dan keterasingan, tidak hanya dijadikan tempat untuk melarikan diri, tetapi dimana orang akan bersantai, terhibur, dan juga mendapatkan ketenangan di dalamnya.

       ‘BETWEEN US’ adalah sebuah proyek yang dibuat agar masyarakat khususnya warga Duri Kepa memiliki tempat untuk mereka bersantai, melepas bosan dan stress, serta bebas untuk berekspresi di dalamnya yang diwujudkan dalam aktivitas berolahraga dan berekreasi. Proyek ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun sosial masyarakat kelurahannya dengan mudah dijangkau dari first place maupun second place. Proyek ini akan menjadi tempat yang mewadahi interaksi sosial masyarakat.

Between Us - A Place for Rec
Between Us - A Place for Rec
KARTU NAMA ANGGA ALI PUTRA.jpg
Site Third Place
Site Third Place
Design
Design
Drawing
Drawing

Fasilitator utama: 

Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T.

Fasilitator pendamping:

Ir. Budi A. Sukada, GradHonsDip (AA), IAI.

Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., PhD.

Denny Husin, S.T., M.A., H&U.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png