POSTER WADAH KOMUNITAS GOTONG ROYONG CBS
KARTU NAMA MARCO.jpg

CBS Gotong Royong

Community Space

      Proyek yang berlokasi di Kelurahan Cipinang Besar Selatan ini menjadi sebuah prototype bagi kehidupan sehari-hari dari masyarakat perkampungan CBS, dimana 'komunitas' dan 'gotong-royong' adalah esensi dasar yang dipegang teguh oleh masyarakat sekitar.

     Esensi dari 'komunitas' dan 'gotong-royong' dapat secara nyata dilihat apabila melihat kondisi eksisting pada perkampungan CBS, dimana mereka bergotong-royong membangun kegiatan-kegiatan positif pada kampung mereka seperti: Kampung Bebas Asap Rokok Pertama di Jakarta, Kampung Warna Warni, Kampung Listrik Indie. Namun kegiatan-kegiatan positif terbentuk secara tidak merata pada perkampungan CBS. Hal itulah yang berusaha diselesaikan dalam desain yakni tentang bagaimana Wadah Komunitas Gotong Royong CBS dapat menjadi sebuah third place yang bukan saja hanya menjadi wadah untuk melakukan rutinitas dan aktivitas, tetapi menjadi sarana hiburan dan juga edukasi bagi masyarakat CBS, sehingga perkampungan CBS dapat tumbuh maju dan berkembang bersama-sama.

     Program yang diusung pun sesuai dengan aktivitas sehari-hari dari masyarakat CBS, sehingga Wadah Komunitas Gotong Royong CBS bukan hanya menjadi sebuah wadah, namun menjadi pusat bagi aktivitas-aktivitas perkampungan CBS yang selama ini terpisah satu dengan lainnya. Masyarakat pun bukan hanya sekedar menjadi pengguna program, namun mereka dilibatkan sejak awal pembangunan seperti halnya perakitan material utama pada desain yakni glulam timber dengan sistem modular, hingga dengan tahap pengelolaan. Begitu juga dengan beberapa aspek lainnya, sehingga dapat dikatakan Wadah Komunitas Gotong Royong CBS bukan saja hanya dapat menjawab esensi dari 'komunitas' dan 'gotong royong', namun juga menjawab tantangan dari third place itu sendiri.

About Wadah Komunitas Gotong Royong CBS
About Wadah Komunitas Gotong Royong CBS
Design Process
Design Process
Third Place and SDG
Third Place and SDG
Design Scheme
Design Scheme

Fasilitator utama: 

Ir. Petrus Rudy Kasimun, M.Ars.

Fasilitator pendamping:

Suwardana Winata, S.T., M.Arch.

Maria Veronica Gandha, S.T., M.Arch.

Ir. Franky Liauw, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png