KARTU NAMA.jpg

BA.LAN.GA (Balai Pelayanan Warga)

    BALANGA diambil dari kata ‘belanga’ yang berarti wadah besar untuk memasak berbagai macam sayuran, secara filosofi proyek ini adalah tempat bertemu warga dari berbagai macam latar belakang untuk saling berinteraksi. Sama seperti sayur-sayuran yang dicampurkan di dalam satu panci belanga. 

        BALANGA adalah proyek re-design Kantor Kelurahan Sunter Jaya. Proyek ini bertujuan menjadikan bangunan pemerintah menjadi third place bagi warga sekitarnya. Sesuai sejarahnya bangunan pemerintahan di Indonesia adalah wadah yang bebas dan ramah bagi warganya. BALANGA sebagai third place menjadi titik temu dari warga dan pemerintah, mengubah wajah pemerintah menjadi lebih terbuka, fleksibel dan kolaboratif dengan warganya. BALANGA hadir sebagai wadah untuk warga berkumpul, bermain, belajar, istirahat serta berkolaborasi dengan pemerintah untuk memajukan Kelurahan Sunter Jaya. BALANGA menjadi meeting point, entry gate, serta penunjang aktivitas public space Danau Sunter Barat.  Intensitas pengguna yang tinggi dan kebebasan untuk digunakan siapa saja menjadikan BALANGA menjadi wadah pertukaran informasi antara warga dan pemerintah menjadi lebih tepat, cepat dan terbuka.


    Mimpi dari proyek BALANGA adalah menjadikan seluruh kantor kelurahan di DKI Jakarta menjadi third place untuk setiap warga kelurahannya. Dimana terdapat 267 kelurahan berarti terdapat 267 third place baru untuk setiap warga DKI Jakarta. Tempat dimana warga dapat berkumpul, istirahat, dan bercengkrama. Tempat yang disukai warganya juga tempat pemerintahannnya, sehingga setiap kelurahan dapat saling berkolaborasi antar masyarakat dan pemerintah.

POSTER DAVID.jpg
Activity
Activity
Method Concept
Method Concept
Perspective
Perspective

Fasilitator utama: 

Ir. Sidhi Wiguna Teh, M.T.

Fasilitator pendamping:

Ir. Martin Halim, M.T.

Doddy Yuono, S.T., M.T.

Ir. Sutarki Sutisna, M.Ars.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png