Poster The Insertions.jpg

THE INSERTIONS

    Kebutuhan akan pelengkap aktivitas keseharian masyarakat kota di suatu daerah perlu untuk direspon ke dalam strategi desain yang dapat menyelesaikan berbagai macam konflik melalui program. Hal tersebut tentunya terjadi di lingkungan Kelurahan Pasar Baru, Jakarta Pusat yang terdapat sebagian wilayah dengan minimnya fasilitas publik nyatanya kurang menjangkau permukiman di Kelurahan Pasar Baru. Dalam artian belum terdapat ruang pemersatu atau transisi dari komersial dengan pemukiman.

       Secara keseluruhan, Kelurahan Pasar Baru dikenal sebagai kawasan melting pot dari pemilik toko-toko dan pengunjung dari bermacam-macam latar belakang dan budaya seperti Belanda, Tiongkok, India, Pakistan dan Melayu. Selain menjadi kawasan shopping street yang bergengsi, Pasar Baru juga berperan sebagai ruang publik yang menampung berbagai event/acara-acara berdasarkan keragaman budaya dan etnis. Terlihat keragaman tersebut juga memunculkan berbagai aktivitas selain kegiatan niaga berupa ragam kegiatan hiburan, budaya dan keagamaan yang sempat terhenti dan pamor Pasar Baru pun mulai memudar. Akan tetapi, Pasar Baru saat ini hanya memiliki agenda tahunan setiap ulang tahun Jakarta, berupa acara ‘Festival Passer Baroe’.

       Sebagai sebuah respon terhadap berbagai fenomena yang terjadi di Kelurahan Pasar Baru, maka prinsip utama proyek third place “The Insertions” tidak menghilangkan atau mengubah secara total berbagai hal yang sudah menjadi karakteristik dari Pasar Baru akan tetapi dikembangkan dengan cara mempelajari aktivitas-aktivitas yang mungkin bisa diaktifkan kembali lalu disimulasikan dengan metode programming cross, trans, dan dis. Strateginya yaitu menyisipkan event tertentu di slot yang kosong dalam setahun dengan metode penyisipan programming, sehingga antar event program dapat terus terhubung di setiap waktu melalui program-program yang disisipkan.

KARTU NAMA DENZEL.jpg
Urban Context
Urban Context
Design Process
Design Process
Unit Type & Third Place Concept
Unit Type & Third Place Concept
Design
Design

Fasilitator utama: 

Denny Husin, S.T., M.A., H&U.

Fasilitator pendamping:

Ir. Budi A. Sukada, GradHonsDip (AA), IAI.

Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., PhD.

Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png