POSTER.jpg

URBAN TERABITHIA

        Kecamatan Tambora yang menjadi kawasan dengan tingkat penduduk paling padat se-Asia Tenggara ini merupakan salah satu sektor informal di Kota Jakarta. Kawasan ini dikenal dengan padatnya hunian, sistem infrastruktur, serta kualitas lingkungan hidup yang buruk. Perkembangan kota yang semakin kapitalis membuat adanya ketimpangan pada masyarakat sektor formal dan informal sehingga menimbulkan permasalahan sosial, lingkungan, dan lainnya. 

        Urban Terabithia: Tambora Retreat Spaces dengan pendekatan arsitektur Urban Acupuncture menjadi wadah yang menciptakan sebuah realita lingkungan baru bagi sektor informal untuk membantu mereka memperkuat perannya pada bagian di dalam kota. Dengan Scaffolding Skeleton Structure, bangunan ini menciptakan sebuah ruang tanpa merusak struktur kawasan yang lama, sesuai pola solid dan void bangunan. Proyek ini menghadirkan Urban Zen Garden dan Biophilic Design sebagai media retreat pasif memanfaatkan unsur alam. Selain itu, teknologi Retreatment POD terbagi menjadi entertainment POD, virtual & augmented reality POD, consultation, dan community POD untuk media retreat aktif. 

              Proyek ini berfokus untuk menciptakan sebuah media ruang tumbuh masyarakat dari segala umur dan status sosialnya dalam kehidupan masyarakat kota. Sebuah ruang ketiga yang dapat menjadi wadah interaksi, rehabilitasi, dan terinspirasi.

Perspective
Perspective
KARTU NAMA.jpg
Design Method
Design Method
Detail Perspective
Detail Perspective

Fasilitator utama: 

Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., PhD.

Fasilitator pendamping:

Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T.

Ir. Budi A. Sukada, GradHonsDip (AA), IAI.

Denny Husin, S.T., M.A., H&U.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png