POSTER TEMU TEMPE TAHU.jpg
1593439703121.jpg

        Temu Tempe Tahu merupakan proyek wadah hiburan, inovasi dan edukasi tata boga tahu tempe di Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Proyek ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam tempe dan tahu -bahan makanan penting dengan konsumsi yang tinggi di Indonesia- yang dihadapi oleh para pengrajin tahu tempe, yaitu harga jual pasar yang rendah dibanding dengan harga bahan bakunya. Hal ini mempengaruhi kesejahteraan ekonomi para pengrajin tahu tempe di DKI Jakarta, terutama di perumahan industri kecil tahu tempe Semanan yang menjadi karakteristik kawasan pada Kelurahan Semanan, Jakarta Barat. 

 

      Proyek ini bertujuan untuk menciptakan kawasan yang sustainable dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan inovasi hasil produk lokal, yaitu tempe dan tahu, mewadahi pemasaran, inovasi dan edukasi, serta interaksi dan sosialisasi bagi masyarakat lokal dari berbagai macam latar belakang pekerjaan sehingga membuat karakter kawasan lebih kuat, menyatu dan berkelanjutan. 

 

     Sebagai third place di Semanan, tapak yang diambil dekat dengan sebagian besar first place dan second place kawasan memudahkan aksesibilitas masyarakat menuju bangunan serta program dalam bangunan didasarkan pada kebutuhan dan aktivitas masyarakat lokal Semanan yang menjadi target pengguna bangunan. Program dalam bangunan tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu community center yang terdiri dari dapur komunal dan dapur food research and development untuk bersosialisasi dan berinteraksi, serta berinovasi dan mengembangkan produk makanan dari tempe dan tahu, outdoor space yang difungsikan untuk kegiatan bermain dan event, serta food market yang menjual makanan berbasis tempe dan tahu. 

TEMU TEMPE TAHU

About The Third Place Project
About The Third Place Project
Building Design
Building Design
Third Place Perspective
Third Place Perspective

Fasilitator utama: 

Ir. Diah Anggraini, M.Si.

Fasilitator pendamping:

Ir. Dewi Ratnaningrum, M.M.

Andi Surya Kurnia, S.T., M.Ars.

Priscilla Epifania Ariaji, S.T., M.A.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png