House of Art Space Theraphy Poster .jpg
KARTU NAMA.jpg

     Cilandak Barat merupakan kawasan yang memiliki tingkat stress, kecemasan, dan kegelisahan yang tinggi dibandingkan dengan kawasan sekitar maupun kota. Tetapi masih saja ada orang yang berpikir bahwa stress dan depresi bukan benar-benar suatu penyakit. 

 

      Stress sering terjadi di masyarakat kita dan tidak peduli usia maupun gender, bahkan dapat menyerang yang muda maupun tua. Penyebabnya bisa dari berbagai macam, mulai dari tekanan di tempat kerja, finansial, hubungan keluarga, hubungan personal, hubungan sosial, kehilangan, kondisi fisik, kegagalan, dan penyakit. Stress yang dialami juga melalui tahapan yaitu ringan, sedang, serius, dan akut yang berujung pada keputusasaan dalam hidup. 

 

         Dalam pemenuhan kebutuhan di kawasan ini, maka dibutuhkannya wadah sosial sebagai wadah yang tidak membiarkan manusia semakin terpuruk dan mengabaikan stress sebagai hal yang biasa, tetapi berbicara mengenai bagaimana cara mengontrol stress itu sendiri. Dari hal tersebut, arsitektur berbicara tentang cara untuk memenuhi kebutuhan komunitas yang mencampurkan seni dan ekspresi sebagai sarana eksistensi mereka. Karena bagaimanapun juga manusia tetap membutuhkan sifat seni dan dilupakan kedalam gambar maupun bentuk sebagai jalan untuk memperbaiki diri.


       House of Art Space Therapy hadir sebagai ruang interaksi dengan menggunakan seni secara primer. Secara lebih spesifik, kehadiran proyek juga dimaksudkan untuk menghadirkan seni yang merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia. Dalam hal ini seni juga merupakan produk keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang lain yang melihatnya.

HOUSE OF ART SPACE THERAPY

Design Scheme & Conceptual
Design Scheme & Conceptual
Design Program & Material
Design Program & Material
Interior
Interior
Exterior
Exterior

Fasilitator utama: 

Alvin Hadiwono, S.T., M.Ars.

Fasilitator pendamping:

Ir. Stephanus Huwae, M.T.

Ir. Tatang H. Pangestu, M.Ars.

Ir. Mieke Choandi, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png