POSTER INTERACTIVE BETWEEN.jpg

INTERACTIVE BETWEEN

    Merupakan sebuah third place yang dibuat berdasarkan suatu kawasan di Jakarta Barat, yaitu Kecamatan Semanan, dimana karakteristik dan keseharian warga Semanan adalah hal yang menjadi inspirasi dari program proyek. Karakteristik menarik yang dijadikan inspirasi adalah keseharian dan mata pencaharian warga Semanan dimana mata pencaharian warga banyak yang tidak menentu, tidak atau belum berkembang dan bahkan banyak yang tidak bekerja, padahal kawasan memiliki potensi di bidang ekonomi dan sosial, yaitu sebagai kawasan Sentra Flora Fauna dan Perkampungan Tempe. Keseharian warga juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan karena kurangnya fasilitas publik untuk masyarakat bahkan untuk sekadar duduk berinteraksi dan bersantai dengan sesama atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama. Dengan fakta demikian, warga menginginkan adanya wadah untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dari segi ekonomi maupun sosial.

    Maka visi dari proyek yang dibuat adalah untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan dan kreativitas warga sehingga dapat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup warga secara ekonomi dan sosial. Dengan visi tersebut, program yang ditawarkan di dalam proyek adalah edukasi, entertainment, dan interaksi.

       Program edukasi diwujudkan dengan program kelas workshop dan fasilitas pendukungnya seperti area pameran, perpustakaan dan working space, dimana di dalam program ini warga dilatih keterampilannya sehingga dapat dimanfaatkan untuk kehidupan ekonomi.

        Program entertainment diwujudkan dengan adanya area display dan retail tanaman, area food court dan ruang terbuka berupa taman dan plaza. Area tanaman dibuat dengan tujuan untuk menampung komunitas flora warga, area food court, taman, dan plaza dibuat untuk menampung kegiatan berkumpul dan leisure warga.

      Program interaksi diwujudkan dalam keseluruhan program, seluruh kegiatan dilakukan di dalam proyek membutuhkan interaksi antar sesama. Ketiga program tersebut saling berhubungan dan melengkapi untuk mewujudkan visi dari proyek third place.

Design Concept
Design Concept
KARTU NAMA INEZ.jpg
Site Project
Site Project
Technical Drawing
Technical Drawing
Third Place Story Diagram
Third Place Story Diagram

Fasilitator utama: 

Ir. Rudy Surya, M.M., M.Ars.

Fasilitator pendamping:

Ir. J. M. Joko Priyono S., M.Ars.

Dr. Ir. Danang Priatmodjo, M.Arch.

Ir. Suwandi Supatra, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png