Poster Pause & Play (Art Space).jpg
KARTU NAMA_Joshua ChristianChandra.jpg

Pause & Play (Art Space)

       Pause & Play Art Space merupakan tempat untuk refreshing dan mengembangkan bakat di bidang seni yang terletak di Kelurahan Pegadungan. Fokus utama dari proyek ini adalah untuk mempertemukan orang-orang kreatif dan mengusung konsep third place dengan tapak yang dekat dengan area perumahan (first place) dengan sebagai tempat peristirahatan dari kepadatan di dunia pekerjaan maupun sekolah. Kata kunci pada project ini adalah playful dan openness.

     Tapak eksisting bangunan ini merupakan tempat bermain paintball yang sudah tidak digunakan dan terletak di antara dua bangunan sekolah dengan jarak berjalan kaki (400 m - 1 km) dan beberapa sekolah lainnya dengan jarak (2 – 3 km) sehingga sangat memungkinkan untuk menciptakan wadah aktivitas sepulang sekolah pada tapak ini.  Pada sekitar tapak ini juga terdapat pasar, tenda makan malam hari yang menjadikan tapak ini cukup ramai pada pagi, siang, sore hingga malam dengan target user yang memiliki usia berbeda-beda. Sehingga proyek ini menyediakan aktivitas pendukung yang berbeda-beda juga dari pagi hingga malam seperti tempat berolahraga, bermain, makan, pelatihan ukm dan co-working space.

      Penggunaan konsep playful dan openness pada masa bangunan digabungkan dengan kontekstual sekitar tapak yang merupakan ruko-ruko dan perumahan yang massif sehingga fasad pada bangunan ini banyak menggunakan penutup perforated brick. Penggunaan perforated brick juga memberi kesan permeable dalam segi visual dan juga membantu menciptakan bangunan yang ramah lingkungan karena penggunaan perforated brick menghasilkan cross ventilation dan pencahayaan alami. Lalu penerapan playful pada bangunan ini juga terlihat pada beberapa public space yang tercipta dengan menambahkan permainan-permainan maupun desain yang dinamis seperti pada taman, food court, games area dan ramp utama. 

Concept
Concept
Design Process
Design Process
Urban Context (Pegadungan)
Urban Context (Pegadungan)
Architectural Features
Architectural Features

Fasilitator utama: 

Nina Carina, S.T., M.T.

Fasilitator pendamping:

Suryono Herlambang, S.T., M.Sc.

Ir. Tony Winata, M.Sc.

Dr. Ir. Rudy Trisno, M.T., IAI., HDII.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png