POSTER Juanda Food Station.jpg
kartu nama natasha.jpg

        Proyek yang mengangkat bahan makanan serta siklusnya menjadi media pemersatu dan berkumpulnya masyarakat di Kelurahan Kebon Kelapa juga para pekerja komuter yang berlalu-lalang setiap harinya. Kegiatan konsumsi makanan tidak lagi sekedar pemenuhan kebutuhan primer namun juga menjadi media dalam interaksi sosial.

 

       Kelurahan Kebon Kelapa berada di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, yaitu kawasan jantung ibukota yang didominasi perkantoran dan komersial. Para warga selain bekerja sebagai karyawan juga banyak yang membuka usaha di bidang kuliner sebagai pendukung kegiatan sekitar. Stasiun Juanda menjadi katalis pergerakan antara first place dan second place pada kawasan tersebut. Letak tapak yang memanjang, langsung menghadap stasiun dan menembus ke permukiman dapat menangkap arus komuter dan memberikan kesempatan untuk exposure usaha kuliner warga kebon kelapa. Peluang third place sebagai ruang netral untuk berkumpulnya para subjek pada kawasan tersebut menjadi titik temu antara warga sekitar dengan komuter stasiun.

 

     Gagasan utamanya yaitu dengan meningkatkan kualitas pangan lokal yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dimana makanan menjadi inklusif sekaligus merakyat. Kemudian proyek juga dilengkapi fasilitas pendukung seperti transit hub dan playground sebagai jembatan antar karakter pengunjung, sehingga memungkinkan permeabilitas dari kedua sisi tapak. Dengan menghadirkan pengalaman dan perasaan baru terhadap ruang melalui melalui pangan yang dapat menghubungkan potensi lokal dengan pendatang, Juanda Food Station menjadi urban kitchen and dining di tengah kesibukan kota.

JUANDA FOOD STATION

Analysis & Design Methods
Analysis & Design Methods
Exploded Axonometric & Programming + Third Place Context
Exploded Axonometric & Programming + Third Place Context
Axonometric Sections
Axonometric Sections
Perspective
Perspective

Fasilitator utama: 

Andi Surya Kurnia, S.T., M.Ars.

Fasilitator pendamping:

Ir. Dewi Ratnaningrum, M.M.

Ir. Diah Anggraini, M.Si.

Priscilla Epifania Ariaji, S.T., M.A.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png