Poster SCI-FOOD.jpg

SCI-FOOD

     Jakarta merupakan ibu kota dari Indonesia yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan, bisnis, sosial, serta sebagai tempat pertumbuhan ekonomi, oleh sebab itu perkembangan ibukota sangatlah signifikan dari moda transportasi dan juga pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk mengakibatkan banyaknya kemacetan yang ada di Jakarta, yang mengakibatkan banyak penduduk yang stress akibat kemacetan dan tingkat kepadatan yang tinggi. Karena banyaknya penduduk yang stress sehingga penduduk di Indonesia banyak mencari tempat hiburan untuk menghilangkan stress, salah satunya Kelurahan Mangga Besar yang banyak mengadaptasi dari permasalahan yang ada di Kota Jakarta.

      Kelurahan Mangga Besar merupakan salah satu tempat kuliner terbesar yang ada di Jakarta. Oleh sebab itu, banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini untuk mencari makan dan juga mencari tempat hiburan. Dikarenakan banyaknya tempat hiburan, Kelurahan Mangga Besar mengalami peningkatan sektor informal berupa pedagang kaki lima dan juga tempat parkir yang melanggar aturan. Sektor-sektor ini menyebabkan human traffic yang tinggi di Mangga Besar. Oleh sebab itu, dalam menambahkan titik atraktif untuk menggiring human traffic ini ke tempat atraksi.

        Mangga Besar sudah memiliki sistem transportasi berupa Stasiun Mangga Besar, Halte Transjakarta Olimo, mikrolet, dan juga ojek online. Hal ini menyebabkan Kelurahan Mangga Besar sangat macet dan juga tidak teratur. Oleh sebab itu, dibutuhkannya solusi berupa sistem terintegrasi.

     Keberagaman pasar kuliner di Mangga Besar merupakan proyek yang berfungsi sebagai tempat kuliner yang dapat mempengaruhi dan mewadahi sektor informal agar dapat merubah human behaviour seseorang dengan cara mengembangkan tempat kuliner ini dengan sistem yang terintegrasi.

Third Place
Third Place
PSD KARTU NAMA.jpg
System & Informality
System & Informality
Technical Drawing
Technical Drawing
Interior & Exterior
Interior & Exterior

Fasilitator utama: 

Denny Husin, S.T., M.A., H&U.

Fasilitator pendamping:

Ir. Budi A. Sukada, GradHonsDip (AA), IAI.

Ir. Agustinus Sutanto, M.Arch., M.Sc., PhD.

Dr. Ir. Fermanto Lianto, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png