POSTER A JOURNEY THROUGH MUSIC DIMENSION
KARTU NAMA NICHOLAS ANTONIO.jpg

      Tanjung Priok disebut-sebut sebagai kecamatan yang membuat penduduknya rawan stress, hal ini diakibatkan adanya penyakit mental dan gangguan fisik yang dikarenakan ketidaksesuaian antara kapasitas dan kebutuhan seseorang dengan kemampuan individu. Bisa disimpulkan bahwa penyakit mental dapat menyerang orang yang sering bekerja. 

     Menurut data BPS Jakarta Utara, angkatan kerja di Kecamatan Tanjung Priok mencapai 66% dan selebihnya merupakan bagian dari bukan angkatan kerja. Jadi sebagai solusi untuk mengurangi tingkat jenuh pada saat bekerja, yaitu menyediakan wadah berupa ruang perantara, antara first place dan second place dalam bentuk rekreasi musik dan kuliner jalanan.

  “Mengapa musik dipakai sebagai media untuk mengurangi tingkat jenuh seseorang?” Menurut penelitian British Journal of Psychiatrist, dalam jurnal ini dipaparkan bahwa musik berdampak baik untuk berbagai macam gangguan kesehatan, dan musik juga merupakan media yang dapat mengurangi tingkat jenuh seseorang. “Music is Liquid Architecture, Architecture is Frozen Music” - Johann Wolfgang von Goethe.

       Tapak didominasi dengan area hunian dan perniagaan yang mengalami kecocokan dengan keterkaitan isu, yang dimana proyek dijadikan sebagai point of interest dan landmark baru pada Kelurahan Papanggo.

     Untuk konsep desain yang diterapkan pada proyek, bangunan ini mengedepankan Biophilic Design Concept yang memiliki 2 poin yaitu Visual & non-Visual Connection with Nature & Presence of Water Dynamic with Diffuse Light. Untuk mendukung konsep ini, proyek akan menghadirkan Garden Street Walk yang bersifat infinity loop dengan pengalaman ruang secara berulang dengan menikmati alunan musik dan kolam-kolam kecil serta vegetasi yang menjadi nilai plus dalam perancangan, lalu penggunaan material yang nantinya dapat menghadirkan pencahayaan alami dari matahari sebagai bukti nyata biophilic design.

A JOURNEY THROUGH MUSIC DIMENSION

Site Analysis & Activity Diagram
Site Analysis & Activity Diagram
Programs in Building
Programs in Building
Design Method Concept
Design Method Concept
Perspective Diagram
Perspective Diagram

Fasilitator utama: 

Ir. Martin Halim, M.T.

Fasilitator pendamping:

Doddy Yuono, S.T., M.T.

Ir. Sutarki Sutisna, M.Ars.

Ir. Sidhi Wiguna Teh, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png