POSTER LOKA LOAK KEBAYORAN LAMA.jpg
BUSINESS CARD.jpg

       Keberadaan suatu pusat transit yang menjadi tempat perpindahan, memunculkan titik-titik baru berkumpulnya masyarakat, yang secara tidak langsung menjadi sebuah third place baru yang terbentuk tanpa disengaja. Titik-titik ramai ini pun banyak dimanfaatkan, dan terkadang menjadi sebuah ciri dalam kawasan urban.

     Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, yang terletak erat dengan pusat transit stasiun kereta api, tidak luput oleh fenomena tersebut. Tempat penjualan barang loak atau thrift yang unik dan membentuk citra menjadi marak di sekitar tapak, yang sayangnya tidak berada di tempat yang seharusnya. Sehingga menjadi sebuah ironi, dimana sebuah potensi yang dapat mengembangkan, juga menjadi sesuatu yang tidak seharusnya berada. Terlebih tapak merupakan titik negatif yang kurang efektif, namun ramai oleh aktivitas masyarakat.

     Loka Loak Kebayoran Lama, bertujuan untuk mengembangkan area tersebut, baik di dalam tapak maupun di lingkungan sekitar, serta masyarakatnya dalam satu sistem, untuk memenuhi fungsi baik sosial, ekonomi, maupun lingkungan berkelanjutan. Proyek terinspirasi dan memaksimalkan situasi sekitar, dengan pemanfaatan struktur ruko terbengkalai, serta pendekatan akan urban pattern sekitar. Bentukan dibuat konteks dan teratur namun dinamis. Sehingga keberadaan proyek tidak menjadi alien di kawasan namun menjadi katalis, dan dapat meningkatkan citra kawasan.

          Kegiatan dimaksimalkan untuk dapat dinikmati oleh empat kelompok utama yaitu; pedagang, pembeli, warga, dan komuter. Area pasar loak sebagai titik kegiatan jual beli, berpadu dengan fungsi edukasi serta entertainment, yang bertautan dengan fungsi-fungsi pendukung kegiatan transit. Aktivitas tidak hanya sebatas jual beli, namun juga edukasi dan hiburan. Sehingga proyek dapat menjadi tempat kegiatan yang beragam, dan juga ruang publik baru di titik negatif dalam kawasan urban yang aktif.

LOKA LOAK KEBAYORAN LAMA

About The Project
About The Project
The Method
The Method
The Programs
The Programs
The Third Place
The Third Place

Fasilitator utama: 

Dr. Ir. Rudy Trisno, M.T., IAI., HDII.

Fasilitator pendamping:

Ir. Tony Winata, M.Sc.

Nina Carina, S.T., M.T.

Suryono Herlambang, S.T., M.Sc.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png