POSTER UPGRADE.jpg
Kartu Nama Rivan.jpg

SOCIAL MIXTURE SPACE

     Kelurahan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tidak terlepas dari pembagian kawasan kota Jakarta yang menggunakan sistem zonasi. Menurut Jacobs Jane (1961) sistem tersebut membuat pengelompokan aktivitas tertentu dalam suatu kawasan. Sehingga, kawasan tersebut memunculkan figur-figur yang 'beragam' sesuai dengan dominasi fungsi bangunan yang terbentuk akibat sistem penataan kota tersebut.

     Lokasi tapak yang dijadikan studi pada proyek ini berada di Jalan Senopati. Secara demografis, jalan ini 'membagi' dominasi fungsi dalam sistem penataan kota. Pada bagian utara didominasi oleh kawasan bisnis perkantoran (CBD) dan hunian berupa kost yang mayoritasnya dihuni oleh ekspatriat dan pelaku bisnis lainnya. Sedangkan pada bagian selatan didominasi oleh hunian dengan luasan ≥ 200 m2 dengan mayoritas penghuni adalah pelaku bisnis, duta besar, ibu rumah tangga, pelajar, dan lainnya. Hal ini menjadi menarik karena adanya interaksi yang terjadi didalam suatu 'komunitas' dengan keberagaman budaya yang dimiliki oleh figur didalamnya. Sehingga 'interkultural' dijadikan dasar dari pembentukan third place di Kelurahan Selong.

     Ruang Sosial Interkultural menjadi wadah interaksi antar figur yang berada di dalam Kelurahan Selong dalam cakupan 500 m2 dari tapak atau sebagai tempat pertemuan (rendezvous). Proyek ini menyatukan figur melalui media seni pertunjukan, baik itu pembelajaran maupun tempat untuk menyaksikan pertunjukan seni peran, musik, dan tari. Dalam proyek ini juga mempunyai wadah pembelajaran terkait dengan permasalahan bahasa yang digunakan oleh antar figur dan secara tidak langsung juga memunculkan metode pembelajaran trialogis dari interaksi yang terjadi antar figur di dalam Ruang Sosial Interkultural.

Analisis - Konsep
Analisis - Konsep
Visualisasi Konsep
Visualisasi Konsep
Gambar Kerja
Gambar Kerja
Visualisasi Third Place
Visualisasi Third Place

Fasilitator utama: 

Suwardana Winata, S.T., M.Arch.

Fasilitator pendamping:

Maria Veronica Gandha, S.T., M.Arch.

Ir. Petrus Rudy Kasimun, M.Ars.

Ir. Franky Liauw, M.T.

TARUMANAGARA

BEST ARCHITECTURE FINAL PROJECTS

logo-untar-1.png